Blogroll

Radio SWK FM Inspirasi Dinamika Orang Nganjuk

Senin, 02 Juli 2012

Pantau Isi Siaran Radio, Diintensifkan

KPID Jawa Timur akan mengoptimalkan tim media monitoring untuk mengawasi isi siaran radio, demikian Ketua Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Jatim Donny Maulana. Lebih jauh Donny menjelaskan, jika selama ini prioritas pemantauan pada lembaga penyiaran televisi,
maka tahun ini lembaga penyiaran radio juga akan diawasi secara seksama.

"Harus diakui KPID Jatim memiliki kendala pengawasan isi siaran radio, sebab begitu banyaknya lembaga radio yang mengudara, namun sekarang kita memiliki tim media monitoring, yang juga bisa dimaksimalkan untuk mengawasi siaran radio," ujarnya.

Diperkirakan terdapat ratusan radio yang mengudara diberbagai kab/kota di Jawa Timur. Donny Maulana mengakui, banyaknya radio dan minimnya tenaga pemantau menjadi kendala tersendiri pengawsan sehingga harus mengandalkan laporan masyarakat. "Selama ini laporan masyarakat menjadi ujung tombak pemantauan siaran radio,"jelasnya.  

Tim media monitoring KPID jatim nantinya akan disebar dan menetap ke berbagai daerah di Jawa Timur yang tugasnya antara lain mengawasi isi siaran radio dan televisi. 

Nantinya tim akan melakukan pengawasan sekaligus merekam isi siaran yang berpotensi melanggar Pedoman prilaku penyiaran dan standar program siaran KPI. Selain itu, tim juga dapat dimaksimalkan untuk mengawasi penggunaan frekwensi radio di daerah, sekaligus pendataan radio yang tak berijin. (Niz) sumber: KPID Jatim

0 komentar

Poskan Komentar