Blogroll

Radio SWK FM Inspirasi Dinamika Orang Nganjuk

Sabtu, 23 Juni 2012

Pameran Industri Kreatif TIK : Menkominfo Dorong Industri Kreatif Berbasis Lokal

Pameran Industri Kreatif Teknologi Informasi 2012 se-Jawa Tengah. Pameran ini merupakan suatu rangkaian acara Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan (Semantik) 2012 bertema “Membangun Ekosistem Industri Kreatif sebagai Upaya Pelestarian Budaya Nasional Berbasis IT” yang diadakan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dari tanggal 22-24 Juni 2012 di Kampus Udinus, Semarang. Acara Semantik dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Indonesia “Tifatul Sembiring” di Kampus Udinus yang dilaksanakan pada pagi ini dan juga sebagai tanda Pameran Industri Kreatif Teknologi Informasi 2012 se-Jawa Tengah telah dibuka.
Salah  satu Kebijakan Kementrian KomInfo adalah  memastikan penyediaan infrastruktur TIK sebagai pondasi penting berkomunikasi, dapat terhubung dengan masyarakat agar mereka memiliki akses kepada informasi dan pengetahuan yang sama. Tifatul menjelaskan, pada tahun 2012 ini pihaknya telah menumbuhkan desa informasi dengan radio komunitas sebanyak 120 desa. Kemudian, desa dering di 33.184 desa, desa pintar di 131 desa, Wifi kabupaten di 745 pop, dan masih banyak lainnya.
Selain membuka acara semantik, MenKomInfo juga turut berkunjung ke dalam pameran ini. Dalam kunjungannya, Menteri MenKomInfo menyempatkan untuk berkunjung Stand Universitas Jenderal Soedirman. Dalam stand pameran ini, Universitas Jenderal Soedirman menampilkan empat produk Industri Kreatif Teknologi Informasi, antara lain, “Deteksi Dini Katarak Berbasis Citra Digital” – Produk yang dikembangkan oleh Retno Supriyanti, Ph.D, Dosen Teknik Elektro, “UKMDROID V.2″ – Produk yang dikembangkan oleh Bangun Wijayanto, M.Cs, Dosen Teknik Informatika, “SMS Gateway” – Produk yang dikembangkan PIB LPPM UNSOED, dan “Kaos Ngapak Online” – Produk dari Program Mahasiwa Wirausaha UNSOED oleh Pujianto Mahasiswa Ekonomi Unsoed, Dalam kesempatan yang sama Stand Unsoed juga dikunjungi oleh kepala Dinas Perindustrian Jawa Tengah, Prof. Eko Indrajit (Ketua APTIKOM) Indonesia dan lainnya. (NH)

0 komentar

Poskan Komentar